logo

8 Tips menjadi Gamer Profesional, Mulai Dari Hal Kecil Sampai Mendapatkan Sponsor

8 Tips menjadi Gamer Profesional, mulai dari hal kecil sampai mendapatkan sponsor.

hari semakin hari, kini para pemain game semakin banyak sekali. apalagi semenjak game mobile legends serta Pubg menjadi trending topic game. Bahkan kini para pemain game berusaha untuk untuk mencari dan menghasilkan uang melalui bermain gamenya. kali ini mimin kasih tips untuk menjadi Gamer Profesional.

  1. Hal Besar dimulai dari hal yang sangat kecil ( Niat ).

saya ucapkan selamat bagi yang membaca ini dan ingin menjadi gamer profesional, artinya kini anda sudah tahu bahwa anda ingin mencari jati diri anda menjadi seorang profesional gamers yang tentunya menghasilkan uang.

Yup, tentunya tahapan pertama adalah jika anda membaca ini, pasti anda sudah memiliki niat ataupun ingin mengetahui bagaimana sih menjadi professional gamer ?, yuk kita masuk ke point kedua.

  1. Komitmen Yang Tinggi.

Komitmen. hal terpenting adalah komitmen, dimana kalian harus tahu bahwa menjadi gamer professional artinya anda harus siap menghabiskan banyak waktu untuk latihan, anda harus siap menghabiskan banyak uang untuk mengikuti event, membeli kaos jersey ataupun membeli beberapa device atau platform untuk bermain ( PC atau smartphone ) sebelum memiliki sponsor.

jika anda sudah tahu bahwa anda akan berjuang disini. Maka anda sudah mengetahui bahwa perjuangan di dunia game itu tidaklah mudah, oleh karena itu milikilah komitmen tersebut. tanam baik-baik didalam diri anda bahwa anda ingin menjadi seorang Gamer Profesional. Tanam baik-baik bahwa kalian bisa menghasilkan uang melalui hobi bermain game anda.

  1. Find Your Game dan Latihan 6 Jam Sehari ( diri sendiri )

setelah anda mengetahui bahwa komitmen yang menjadi hal kedua yang harus anda miliki. kalian harus mencari game yang kalian suka, biasanya beberapa gamer profesional baru ( Rookie ) tentunya akan mengambil game-game yang baru dirilis bukan game lama dan berjuang didalamnya, tetapi jika kalian juga ingin berjuang di game lama, silahkan, tetapi pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berjuang disana.

nah setelah kalian tahu game tersebut cocok untuk anda, kini anda harus memulai dengan latihan terhadap diri anda sendiri. kalian harus latihan solo ranking sendiri, kalian harus berani dan harus sedikit bersabar serta harus mengetahui bahwa tidak selamanya permainan itu harus di menangkan. kadang karena ada satu orang yang didalam, bisa dibilang lagi bermain tidak baik tetapi bukan berarti anda harus emosi dan marah pada saat kalah.

nah disinilah kaliah harus belajar bagaimana mengontrol emosi anda, bagaimana memperbaiki permainan anda, cari cara terbaik untuk menang walaupun di satu tim ada yang bermain kurang baik pada saat itu. Be Positive, jadi lebih baik mikir positifnya aja khan, mungkin permainan kita yang kurang baik, bukan dia. kalian juga harus mengetahui seluk beluk dari tiap game. misalnya di game mobile legends, ternyata anda lebih baik memainkan hero mage ketimbang hero carry ataupun hero tank.

Menurut mimin 6 jam sudah sangat cukup bagi pemula untuk latihan dengan serius, selebihnya jangan lupa kalau kalian ada tugas di dunia nyata.

  1. Kejar Top Local Rank / Top Global Rank

kalau kalian sudah bisa membuat jadwal latihan dan mengontrol diri anda, kini anda sudah saatnya mengejar rank, mainkan game yang memiliki top leaderboard seperti Mobile Legends, Pubg atau PUBG Mobile ataupun beberapa game lainnya yang tidak mimin sebutkan. kalian cukup fokus terhadap game yang menurut kalian bisa menjadi top local rank atuapun top global rank.

jika kalian sudah mencapai rank tersebut, yuk kita bahas berikutnya apa aja sih yang membuat kita bisa menjadi gamer profesional.

  1. Join Komunitas dan Cari Team mu

nah, kalian udah belajar kejar rank sendiri, kalian udah memiliki top rank, nah kini kalian sudah saatnya membuat tim.

Anda dapat membuat tim sendiri ataupun join tim orang lain. nah sebenarnya jika anda sudah menguasai beberapa point penting yang diawal mimin cerita, kalian bisa mengikuti ataupun buat sendiri itu sama aja, cuman yang berbeda adalah

  • jika kalian membuat tim, mengurus semua anggota adalah hal yang paling susah, kalian harus mencari anggota yang memiliki komitmen tinggi dan juga memiliki keinginan yang sama dengan kalian sehingga akan lebih mudah mengontrolnya. dan jika mereka susah untuk mengontrolnya ajari beberapa point diatas, buat mereka latihan dan perbaiki mental mereka sendiri kemudian kembali bermain tim.
  • jika kalian join tim orang lain, tingkat kesusahaanya adalah kalian harus menyesuaikan permainan anda dengan permainan mereka, kalian harus tahu emosi dan bagaimana permainan dari tiap anggota. nah, tetapi jika kalian sudah menguasai dari point yang mimin cerita sebelumnya dimana kalian harus latiahn sendiri, tentunya lebih mudah menyesuaikannya.

  1. Buat Fanspage Tim & Perorangan

nah hal diatas sudah mendasari semua, nah kini kalian harus tahu bagaimana titik awal mencari penghasilan didunia game, yaitu membuat fanspage FB ataupun Instagram Tim E-Sport Gaming kalian.

kalian jangan lupa bahwa Tim E-Sport akan ada saatnya bubar ataupun mengganti pemainnya. oleh karena itu, Buatlah Profil Fanspage / Instagram untuk kalian sendiri.

nah disitulah nantinya kalian bisa memamerkan diri anda kepada orang lain bahwa anda adalah salah seorang gamer yang ingin menjadi seorang profesional. nah, kalian juga otomatis harus up-to-date di instagram kalian.

Tips 1 : jangan lupa untuk update ketika kalian bermain, ketika kalian latihan, ketika kalian mengikuti tournament.

  1. Mengikuti Tournament

nah, jika 6 hal yang diatas sudah kalian ikuti sudah saatnya memperkenalkan diri anda di masyarat ataupun netizen.

“kalian harus mengikuti tournament dan tentu saja kalian harus memenangkan”.

jika kalian tidak bisa memenangkannya, kalian cukup memenangkannya secara bertahap misal, masuk 16 besar, masuk 8 besar, masuk semifinal ataupun menjadi juara di tournament tersebut. Intinya ada perkembangan dari tim anda ataupun diri anda dari tahap ketahap, dari juara ke juara, dari 16 besar dan akhirnya dapat juara 1.

di tournament juga kalian harus tahu, lawan anda bukan berarti musuh anda in real life, jika anda adalah profesional, maka lawan anda, bisa kalian jadikan teman, teman bercanda pada saat event sudah selesai. kalian sama-sama pemain dan ada saatnya pasti kalian harus menang dan kalah. oleh karena itu, kalian harus saling memberi semangat. ini juga menjadikan point penting terhadap tim anda sehingga orang akan tahu bahwa tim anda memiliki orang-orang profesional.

di tournament juga, kalian harus akrab dengan Event Organizer tersebut, mengapa ?? karena jika akan diadakan tournament, kalian tentunya mau menjadi orang pertama yang mengetahuinya sehingga anda tidak akan salah informasi tentang jadwal, rules serta lokasi tournament berikutnya di kotamu.

Pada saat anda bertanding, ada viewer atau penonton loh, oleh karena itu berikan yang terbaik, walaupun tidak jadi juara tetapi buat penonton melihat bahwa perjuangan anda dalam bertanding adalah harga kerja keras kalian. Banyak khan orang yang tidak mendapatkan juara 1 tetapi mendapatkan juara di hati setiap penonton ?

Tips 2 : rajinlah mengikuti tournament

  1. saatnya cari sponsor

nah kalian udah selalu up to date terhadap fanspage Tim ataupun perorangan terus kalian juga sudah mengikut banyak event ataupun tournament. nah kini saatnya kalian harus merangkum semuanya dalam satu proposal. nah berikut ini mimin kasih tips proposal E-Sport Tim.

  • Nama Tim E-Sport
  • didalam proposal terdapat profil Esports tim
  • social media ( FB IG ) per individu
  • statistik tournament / perjalanan tim anda di dunia gamer
  • Perjanjian kontrak kerja sama antar sponsor

nah, kini kalian sudah bisa melihat apa saja yang dibutuhkan sponsor khan ? mereka bukan hanya butuh data anda, bahkan statistik tournament / perjalanan tim anda mereka juga butuhkan loh. semakin baik perjalanan tim anda dan semakin banyak follower tiap individu di tim anda serta semakin selalu mengikuti tournament, maka semakin besar sponsor ingin kerja sama dengan anda. nah, kalau sponsor semakin ingin kerjasama dengan anda maka kalian harus tahu bahwa ada beberapa kontrak dengan sponsor yang harus di perjelas sehingga setiap anggota anda mengetahuinya, sehingga sponsor juga senang kerja sama dengan anda.

Tips 3 : mimin kasih tips lagi nih, pilih sponsor yang belum ada di kaos jersey tim Esport di kota anda.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *